Home » Blog » Cara Merawat Jaket Kulit Agar Lebih Berkilau
Fashion

Cara Merawat Jaket Kulit Agar Lebih Berkilau

Jaket kulit merupakan jenis pakaian yang hampir ada di lemari setiap orang dan diakui secara universal karena bisa digunakan oleh siapa saja.

Banyak orang di luar sana yang hanya hobi membeli jaket kulit namun tak pernah ingat untuk merawatnya.

Selain itu, jaket kulit juga merupakan pakaian yang jarang digunakan secara harian, sehingga jenis pakaian ini lebih sering berdiam diri di gantungan lemari dan berisiko rusak karena tidak dirawat dengan baik.

Normal untuk jaket kulit memudar selama bertahun – tahun. Saat kalian menggunakannya, sinar matahari akan menyebabkan warnanya memudar.

Beberapa orang sebenarnya lebih suka tampilan jaket kulit yang memudar dibandingkan dengan yang masih terlihat baru karena terlihat lebih kasual.

Namun, jika kalian termasuk dalam kategori orang yang lebih suka menggunakan jaket kulit yang masih terlihat baru, maka kalian harus rajib merawat kilau dan warna dari jaket kulit kalian.

Kabar baik lagi bagi kalian yang ingin mempertahankan warna serta kilau dari jaket kulit kalian, karena kalian bisa menggunakan baby oil untuk merawatnya.

Meminyaki barang – barang yang terbuat dari bahan kulit sangat penting untuk seberapa sehat dan terawatnya barang – barang kulit kalian nantinya.

Walaupun ada banyak minyak yang sangat bagus untuk bahan kulit di pasaran, namun karena harga yang mahal dan kalian ingin menggunakan apa yang ada di rumah, maka baby oil merupakan pilihan terbaik untuk merawat jaket kulit kalian.

Baby oil termasuk ke dalam minyak cerpelai dan kandungan dari minyak ini sangat baik digunakan sebagai alternatif minyak untuk merawat barang – barang berbahan dasar kulit.

Kalian hanya perlu mengoleskan sedikit baby oil ke jaket kulit kalian. Namun, jika kalian tidak sengaja mengoleskan terlalu banyak minyak, kalian harus menyeka minyak tersebut sehingga tidak tertinggal di kulit dan membuatnya berjamur.

Baby oil merupakan produk umum yang kebanyakan sudah dimiliki oleh setiap orang di rumah mereka. Selain kegunaannya sebagai produk perawatan kulit, baby oil juga memiliki banyak kandungan.

Baby oil terdiri atad 98% minyak mineral dengan tambahan wewangian hanya sebesar 2%. Hal ini berarti minyak mineral merupakan bahan utama dalam baby oil.

Minyak ini merupakan cairan yang sangat murni dan dikenal untuk melembabkan dan menghidrasi kulit dengan sangat baik.

Selain itu, bahan aktif dalam baby oil juga bersifat noncomedogenic, atau dalam arti lain adalah tidak meyumbat pori-pori.

Ketika diaplikasikan sebagai produk perawatan untuk jaket kulit, baby oil akan cepat meresap ke dalam kulit dan membuat tampilan kulit menjadi terekondisi dan terlihat seperti baru lagi jika dioleskan secara rutin.

Lalu, bagaimana cara merawat jaket kulit dengan baby oil? Yuk simak di bawah ini.

Tips Menggunakan Baby Oil Dalam Merawat Jaket Kulit

Tips Menggunakan Baby Oil Dalam Merawat Jaket Kulit

Hal utama yang perlu diingat adalah bahwa kalian hanya perlu mengoleskan sedikit baby oil pada jaket kulit kalian.

Untuk mengembalikan kilau jaket kulit kalian, tuangkan sedikit baby oil ke kain lap bersih, lalu usapkan ke permukaan jaket kalian.

Pastikan setiap inci jaket kulit kalian ditutupi dengan sedikit baby oil. Jika kalian melihat ada penumpukkan baby oil di salah satu sisi, gunakan lap yang terpisah untuk menghilangkannya.

Mengguhnakan terlalu banyak baby oil akan membuat jaket kulit kalian terlihat basah. Karena itu lah, kalian perlu mengusap lagi dengan lap kering agar tidak terlalu banyak.

Perawatan dan pengkondisian kulit harus dilakukan secara rutin dari waktu ke waktu dan harus dilakukan dengan menggunakan produk perawatan kulit alami yang sesuai dengan keadaan alami kulit agar tidak kering, retak, atau terkelupas.

Setelah itu, pastikan jaket kalian dalam keadaan kering karena menempatkan jaket kulit di ruangan yang terkena suhu ruangan cukup atau berventilasi baik akan mempertahankan jaket kulit.

Sebaiknya, jangan gunakan jaket kulit di musim hujan untuk menghindari kontak air yang akan membuat jaket kulit basak. Jika basah, keringkan dengan cara yang tepat.

Hindari jaket kulit terlipat dalam waktu yang lama. Hal ini dapat meninggalkan bekas lipatan atau retakan pada bahan kulit. Meninggalkan jaket kulit terlipat terlalu lama juga dapat meningkatkan potensi lembab pada jaket kulit.

Gantunglah jaket dengan padded hanger di ruangan yang berventilasi baik. Akan lebih baik jika jaket kulit tidak terkena sinar matahari terlalu lama.

Udara panas bisa membuat bahan kulit menjadi rapuh dan retak. Hindari menempatkan jaket kulit di udara panas dan panas mesin.

Hindari menyetrika jaket kulit kalian sendiri, akan lebih baik jika kalian membawanya ke laundry khusus jaket kulit. Hal ini akan membuat jaket kulit terhindar dari kerusakan dan perubahan warna.

Jika kalian tidak memiliki pengalaman dalam membersihkan jaket sendiri, lebih baik bersihkan di laundry khusus jaket kulit.

Kurangnya pengetahuan akan membersihkan jaket kulit akan meningkatkan potensi kerusakan pada bahan.

Pergilah ke laundry khusus jaket kulit yang memiliki reputasi dan pengalaman dalam membersihkannya. Dengan begitu, jaket kulit akan terhindari dari rusak akibat mesin cuci dan kesalahan bahan pencuci.

Memilih bahan pembersih yang tepat untuk jaket kulit akan menghindarkan jaket kulit kalian dari kerusakan maupun jamur.

Pilihlah bahan pembersih yang paling lembut untuk membersihkan jaket kulit kalian. Dengan memilih bahan pembersih yang lembut akan mempermudah proses pembersihan jaket kulit. Pastikan memilih merk yang tepat agar menjaga kuaitas dan warna jaket kulit kalian.

Nah, itulah tips menjaga jaket kulit kalian agar tetap awet. Semoga bermanfaat.

All Topics